31/07/2023

Gizi Ibu Hamil

Asupan nutrisi yang baik merupakan hal yang penting untuk diperhatikan selama kehamilan. Terdapat beberapa alasan mengapa ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan beragam, antara lain:

  1. Kebiasaan makan yang baik menyediakan nutrisi esensial yang akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.
  2. Makanan sehat dapat menurunkan risiko komplikasi selama kehamilan dan persalinan.

Berikut ini merupakan rekomendasi zat gizi dan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada setiap trimesternya.

Trimester I :

  • Fase
    1. Pembelahan sel
    2. Perkembangan ogan
    3. Persiapan pertumbuhan janin
  • Zat Gizi
    1. Protein, Fungsi protein untuk ibu hamil salah satunya sebagai pembentuk sel tubuh bayi. Kekurangan protein di masa kehamilan bisa menghambat pertumbuhan janin.
    2. Asam folat, Fungsi protein untuk ibu hamil salah satunya sebagai pembentuk sel tubuh bayi. Kekurangan protein di masa kehamilan bisa menghambat pertumbuhan janin.
    3. Zinc, Kebutuhan zat besi selama masa kehamilan meningkat hingga 50%. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin.
    4. Vitamin B12, Berperan dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang, serta membantu produksi sel darah merah dan DNA pada janin.

Trimester II dan III :

  • Fase, 90% pertumbuhan janin terjadi pada fase ini.
  • Zat Gizi
    1. Zat Besi, Kebutuhan zat besi selama masa kehamilan meningkat hingga 50%. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin.
    2. Kalsium, Dibutuhkan untuk pertumbuhan janin terutama pembentukan tulang dan gigi. Selain itu juga untuk mendukung sistem peredaran darah.
    3. Magnesium
    4. Omega 3, Nutrisi yang banyak terkandung dalam minyak ikan ini penting untuk perkembangan otak dan mata janin.

Beberapa makanan sumber nutrisi penting tersebut, di antaranya:

  1. Buah segar, Mengonsumsi buah segar baik untuk ibu hamil. Selain kaya akan serat dan vitamin, buah seperti jeruk, alpukat, pisang, memiliki kandungan folat yang cukup tinggi.
  2. Sayuran hijau, Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan serat, vitamin, kalsium, zat besi, folat, hingga kalium. Pilih sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, brokoli, dan kol.
  3. Daging tanpa lemak, Daging sapi dan ayam merupakan sumber protein tinggi dan juga zat besi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama masa kehamilan.
  4. Ikan, Selain daging, ikan juga menjadi sumber protein hewani yang baik untuk kehamilan. Pilih ikan berlemak yang bebas merkuri seperti salmon yang kaya omega 3 dan vitamin D.
  5. Produk susu, Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju kaya akan kandungan kalsium dan vitamin B6 yang bantu meredakan mual.
  6. Kacang-kacangan, Kacang polong, kacang hijau, dan kedelai adalah sumber protein nabati yang baik untuk ibu hamil. Juga sebagai sumber zat besi, kalsium, dan folat alami.

 (YSI Cab. D.I.Yogyakarta)