20/10/2020

Mengajarkan Anak Untuk Saling Berbagi Sejak Kecil

Saling berbagi dalam keluarga, terutama pada adik dan kakak bisa menjadi hal yang paling diharapkan orangtua. Bukan tanpa alasan, saling berbagi nyatanya bisa menjadi hal yang baik dan memberi pembelajaran pada anak-anak dalam kehidupan sosial kelak. Kebiasaan berbagi penting untuk diterapkan pada anak, dimulai dari lingkungan terdekat, yaitu keluarga. Nyatanya, hal ini penting untuk membantu Si Kecil dan bergaul kelak. Selain itu, menanamkan kebiasaan berbagi pada anak bisa menjadi hal yang baik. Berikut yang perlu orangtua lakukan dan perhatikan dalam mengajarkan berbagi pada anak :

  1. Memberikan Contoh
    Anak-anak memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang dilihat dan didengar, maka dari itu orangtua disarankan untuk memberi contoh. Jika ingin mengajarkan anak berbagi, maka ayah dan ibu harus menjadi model dan harus melakukannya juga.
  2. Memberikan Penjelasan
    Selain memberi contoh, ibu dan ayah juga harus memberi penjelasan mengapa anak harus berbagi, termasuk pada kakak atau adik. Sampaikan pada sang buah hati bahwa berbagi dengan sesama adalah hal yang baik, tetapi ibu dan ayah tetap harus memberitahu batasan kepemilikan yang sehat serta apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dibagi pada orang lain.
  3. Bicara tentang Perasaan
    Coba sampaikan pada anak, kira-kira bagaimana perasaannya saat ada yang membagi sesuatu padanya saat dia membutuhkan. Sebaliknya, katakan bahwa kebiasaan merebut atau tidak mau berbagi bisa menyakiti orang lain. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih mengerti dan sadar bahwa berbagi adalah hal yang baik.
  4. Buatlah Lebih Konkret
    Jangan hanya menyampaikan teori atau perumpamaan, orangtua juga disarankan agar membuat kebiasaan berbagi di antara anak menjadi lebih konkret. Kalimat seperti “kamu harus berbagi dengan kakakmu” atau “adikmu juga membutuhkan itu, maukah kamu membaginya” memang dibutuhkan, tetapi pastikan Si Kecil juga melakukan tindakan nyata. Ibu dan ayah bisa mencoba memberi mainan atau makanan pada anak, kemudian minta ia untuk membaginya pada kakak atau adiknya.
  5. Jangan Pernah Memaksa
    Semua hal perlu proses, termasuk membangun kebiasaan berbagi pada anak. Jika Si Kecil benar-benar tidak ingin membagi mainannya, mungkin dia memiliki alasan tersendiri. Jangan memaksa atau malah memarahi anak karena itu. Ibu bisa mengganti dulu mainan yang menjadi rebutan dengan mainan lain. Seiring berjalannya waktu, terus ajarkan pada anak bahwa berbagi adalah hal yang penting.

Sumber: Halodoc